ibarbo-park

Toko Oleh Oleh Jogja Terlengkap!

Hai, Sobat Podjok Jogja! Siapa yang nggak senang membawa pulang sedikit potongan Jogja setelah perjalanan yang seru? Di tengah gemerlapnya kota gudeg ini, tersembunyi toko oleh oleh jogja yang penuh dengan cinderamata khas. Mulai dari kulinernya yang lezat hingga kerajinan tangan yang unik, Jogja punya segalanya untuk memuaskan selera belanja dan membawa pulang kenangan manis.

Bersiaplah untuk memulai petualangan belanja yang seru, Sobat! Ayo, kita jelajahi beragam toko oleh-oleh Jogja yang menarik dan berkesan. Siapa tahu, di antara barang-barang yang kita temui, ada yang membuat hati kita terpikat dan ingin kita bawa pulang sebagai kenang-kenangan dari petualangan seru kita di kota ini!

 

1. Teras Malioboro

toko-oleh-oleh-jogja
(Teras Malioboro 1/google maps/Muh. Miswar Amal Sam)

Sobat Podjok Jogja, kalo lagi nyari toko oleh oleh jogja yang enak-enak, langsung aja cuss ke Teras Malioboro! Di sini, kamu bisa dapetin berbagai macam oleh-oleh yang nggak kalah nendangnya sama tempat lain. Mulai dari Bakpia yang legendaris sampe kue tradisional khas Yogyakarta yang lain, semuanya ada di sini! Oh iya, jangan lupa juga, di Teras Malioboro kamu bisa nyari batik khas Jogja dan berbagai kerajinan tangan yang unik, lho!

Selain banyak pilihannya, harganya juga cukup terjangkau, Sobat. Kamu bisa coba tawar harga dengan penjualnya supaya dapetin harga yang paling oke. Jadi, kalo lagi pengen beli oleh-oleh yang bikin kantong nggak bolong, Teras Malioboro bisa jadi pilihan yang tepat!

Ada dua lokasi yang bisa kamu kunjungi. Yang satu di Jalan Margo Mulyo, seberangnya langsung dari Pasar Beringharjo. Yang satunya lagi di Jalan Malioboro No.56, dekat Hotel Grand Inna Malioboro.

2. Pasar Beringharjo

toko-oleh-oleh-jogja
(Pasar Beringharjo Yogyakarta/google maps/Desy Dimayanti)

Sumber segala oleh-oleh khas Jogja yang nggak pernah sepi pengunjung ialah Pasar Beringharjo! Di sini, kamu bisa nemuin berbagai macam makanan khas, kayak Bakpia Pathok yang legendaris dan Geplak yang manis legit.

Selain itu, ada juga minuman tradisional yang bikin segar, kayak Teh Melati dan Wedang Ronde. Bukan cuma itu, Pasar Beringharjo juga punya kerajinan tangan dan pakaian khas Jogja yang unik. Jadi, langsung aja ke sini kalo lagi cari oleh-oleh yang khas dan berkesan dari Jogja!

Lokasinya ada di Jalan Margo Mulyo No. 16, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta. Untuk lokasi tepatnya ada di utara Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta.

3. Bakpia Pathok 25

toko-oleh-oleh-jogja
(Pusat Bakpia Pathok 25/google maps/Imel Kristi Monita)

Kamu pasti udah nggak asing lagi sama Bakpia Pathok 25, kan? Toko legendaris ini udah berdiri sejak tahun 1979, lho! Lokasinya di Sanggrahan Pathuk NG/I 504, Ngampilan, Kota Yogyakarta, jadi gampang banget buat dicari. Dan yang bikin makin istimewa, mereka punya berbagai varian rasa, mulai dari yang klasik kayak kacang hijau sampe yang unik kayak durian dan green tea. Bukan cuma itu, mereka juga punya dua varian tekstur, ada yang kering buat yang suka tahan lama, ada juga yang premium buat yang suka lembut dan gurih. Mantap, kan?

Nah, selain di toko pusatnya, kamu juga bisa temuin cabang-cabang Bakpia Pathok 25 di berbagai tempat di Yogyakarta. Jadi, kapan aja kamu bisa nikmatin lezatnya bakpia legendaris ini. Harganya juga variatif, tergantung rasa dan jumlah pembelian. Jadi, langsung aja mampir ke sana, bawa pulang oleh-oleh yang pasti disukai semua orang!

4. Dadagu Djokdja

toko-oleh-oleh-jogja
(Yogyatourium Dagadu Djokdja/google maps/Bang Don)

Kalau kamu lagi cari toko oleh oleh jogja yang keren-keren, mampir ke Pusat Oleh-Oleh Dagadu Djokdja aja! Mereka terkenal banget sama kaos-kaosnya yang kreatif dan unik. Tapi, nggak cuma kaos, loh, mereka juga punya berbagai macam produk lain seperti aksesoris, tas, mug, sampe gantungan kunci. Lokasinya di Jl. Gedongkuning No.128, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, jadi gampang banget buat ditemuin.

Nah, kalau kamu mau belanja di sini, ada beberapa tips nih. Pertama, jangan lupa tawar menawar ya, karena itu hal yang biasa di Dagadu Djokdja, apalagi kalau kamu beli banyak barang. Kedua, siapkan uang tunai, karena kebanyakan penjual di sini nggak terima pembayaran dengan kartu kredit atau debit. Terakhir, datang lebih awal aja, karena toko ini sering banget rame pengunjungnya, terutama di akhir pekan.

5. Jogja Pasaraya

jogja-pasaraya
(Jogja Pasaraya/google maps/Duakakikuu)

Toko oleh oleh Jogja yang lengkap dan terjangkau pastinya ada di Jogja Pasaraya! Di sini, lengkap banget koleksi oleh-olehnya, mulai dari makanan, minuman, kerajinan tangan, sampe batik dan pernak-pernik lainnya. Harganya juga bersaing, dan sering ada diskon dan promo menarik buat kamu. Gak perlu khawatir soal kualitas, karena Jogja Pasaraya cuma jual produk-produk berkualitas tinggi dari pengrajin lokal terpercaya. Suasana di sini juga nyaman dan bersih, bikin belanja jadi lebih asik!

6. Ibarbo Park

ibarbo-park
(Ibarbo Park/google maps/zulistya adi)

Buat cari toko oleh oleh jogja nggak sesusah itu kok, hampir di setiap sudut ada. Dan kalau kamu lagi ada di daerah Sleman, tepatnya Jalan Wonosari No.KM 7, Kalongan, Tirtomartani, Kabupaten Sleman, jangan lupa buat mampir ke Ibarbo Park!

Pusat oleh-oleh terbesar dan terlengkap di Jogja yang menawarkan berbagai macam oleh-oleh khas dengan harga terjangkau. Mulai dari makanan tradisional yang melegenda maupun kekinian, kerajinan tangan, hingga pernak pernik cantik. Tersedia juga food court dan area bermain anak yang pastinya bikin anak nggak rewel.

7. Roti Sisir Jogja

roti-sisir-jogja
(Toko Roti Sisir Jogja/google maps/muhammad yusuf)

Pernah denger Roti Sisir Mbok Lindu? Ini dia tempatnya buat kamu yang suka dengan roti sisir tradisional yang otentik. Udah buka sejak tahun 1980, toko roti ini jadi langganan para pecinta roti sisir di Yogyakarta dan sekitarnya. Lokasinya ada di Jl. Godean No.103, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman. Roti sisirnya dibuat dengan resep turun-temurun, bikin teksturnya lembut, manis, dan gurih. Yang bikin makin asik, harganya juga ramah di kantong, jadi bisa sering-sering mampir!

Roti Sisir Mbok Lindu punya keunikan lain nih, mereka cuma jual roti sisir dalam rasa original, tanpa tambahan topping. Jadi, rasanya bener-bener otentik dan nggak tercampur dengan rasa lain. Proses pembuatannya juga masih manual, tanpa bantuan mesin, yang pastinya jaminan kualitas dan rasa roti sisir yang lebih oke. Jadi, kalau lagi di Jogja, jangan lupa mampir ke Roti Sisir Mbok Lindu, salah satu toko oleh oleh jogja yang wajib kamu kunjungi!

8. Bakpia Kukus Tugu Jogja

bakpia-kukus-tugu-jogja
(Bakpia Kukus Tugu Jogja – Titik Nol/google maps)

Kurang rasanya kalau ke Jogja tapi pulangya nggak bawa Bakpia Kukus Tugu Jogja! Toko Bakpia yang dijamin lembut dan enak rasanya ini terletak di sebelah Stasiun Tugu Yogyakarta, jadi gampang banget buat dijangkau para wisatawan. Mereka punya berbagai macam bakpia, mulai dari yang original sampe yang cokelat, keju, kacang hijau, sampe yang durian. Harganya juga bersahabat di kantong, jadi bisa bawa banyak bakpia buat oleh-oleh!

Nggak cuma itu aja, Bakpia Kukus Tugu Jogja ini juga jaminan kualitasnya, lho! Dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi dan prosesnya higienis, jadi bisa dipastikan bakpianya aman dan tentunya enak banget. Plus, mereka juga punya paket dan souvenir yang bikin pemberian oleh-oleh jadi makin praktis dan istimewa buat keluarga dan teman. Jadi, nggak perlu bingung lagi nyari oleh-oleh di Jogja, ya!

 

Nah, Sobat Podjok Jogja, itu dia beberapa rekomendasi toko oleh oleh jogja yang wajib dikunjungi! Pastinya bukan hanya 8 toko diatas yang menyediakan oleh oleh jogja, kamu bisa eksplore sendiri toko-toko otentik dan legendaris yang ada di Jogja. Jadi, jangan lupa mampir dan bawa pulang oleh-oleh spesial dari kota ini untuk keluarga dan teman-teman. Selamat berburu oleh-oleh, ya!

 

Baca Juga: 

Oleh Oleh Barang Khas Jogja Untuk Orang Tersayang!

Oleh Oleh Jogja Kekinian: Koleksi Sepotong Kebahagiaan

Bakpia Terenak di Jogja, Juaranya Oleh-Oleh!

Gudeg Terenak di Jogja, Selalu Ramai Pengunjung!


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *