Gelang dan Kalung

Oleh Oleh Barang Khas Jogja Untuk Orang Tersayang!

Halo Sobat Podjok Jogja! Kalian setuju nggak, kalau Jogja adalah kota cantik dengan beragam keajaiban yang wajib jadi kota favorit kita semua? Apalagi kalau udah ngomongin soal oleh oleh barang khas jogja, yang lucu-lucu dan unik itu loh, yang bikin kalap!

Kalau kemaren kita udah bahas seputar kuliner khas jogja yang bisa dijadiin oleh-oleh juga, sekarang kita bahas barang-barang khas jogja apa aja yang bisa dijadiin  oleh-oleh. Berikut sudah aku rangkum supaya kamu lebih mudah memasukkannya ke list kamu. Jadi, tunggu apa lagi, yuk kita bahas!

 

1. Batik

oleh-oleh-barang-khas-jogja
(Hamzah Batik Kaliurang/google maps/)

Ngomongin Jogja tanpa bahas batik? Serasa ngomongin lagu tanpa ada not baloknya. Apalagi batik di Jogja tuh beragam dan khas banget. Semua model dan motif ada, jadi pengin ngoleksi semuanya pastinya!

Dan ngomong-ngomong soal batik, selain beli untuk diri sendiri. Batik juga cocok banget buat dijadiin oleh oleh barang khas jogja, lho! Siapa sih yang nggak seneng kalau dikasih batik, yakan?

Nah, aku ada beberapa rekomendasi toko batik di Jogja yang wajib masuk list kamu nih. Ada Batik Winotosastro, Toko Batik Hamzah, Rianty Batik, Toko Batik Wisnu, sampai Pasar Beringharjo. Selain toko-toko itu, kamu juga bisa cari toko batik popular lainnya kok. Di setiap sudut Jogja pasti ada toko batik, jadi kamu nggak perlu bingung carinya!

2. Tas Rotan

oleh-oleh-barang-khas-jogja
(Anggun Rotan/google maps/Nanik Alviandari)

Oleh oleh barang khas jogja yang bukan cuma dijadiin pajangan aja, tapi bisa fungsional dan fashionable banget! Tas rotan yang bikin gayamu makin keren dengan sentuhan alami. Rotannya dipadu-padankan dengan desain khas Jogja, pasti bikin penampilanmu makin oke.

Mau dipakai atau jadi pajangan di rumah pun bakal cantik banget. Memakai bahan alami dan berkualitas, jadi kamu nggak perlu khawatir bakal cepet rusak. Apalagi dengan gaya dan motif yang beragam, rasanya bakal kurang kalau kamu cuma ngoleksi satu tas.

Buat kamu yang pengin beli tas nya, nggak perlu pusing-pusing. Di Jogja ada banyak banget kok, pengrajin tas rotan ini. Beberapa di antaranya bisa kamu temuin di Pasar Beringharjo, dan di sekitaran area Malioboro.

3. Gantungan Kunci

oleh-oleh-barang-khas-jogja
(Hamzah Batik Kaliurang/google maps/herdind prayoga)

Barang iconic yang sering dijadiin oleh oleh barang khas jogja adalah gantungan kunci. Soalnya punya bentuk yang mudah dibawa ke mana-mana, bentuknya lucu-lucu, bisa dijadiin oleh-oleh buat keluarga, teman, atau anak kecil, dan pastinya khas Jogja banget!

Oleh-oleh yang satu ini juga nggak susah buat dicari. Kamu tinggal ke salah satu wisata popular yang ada di Jogja, seperti Malioboro, Pasar Beringharjo, wisata pantai, dan yang lainnya. Pasti kamu bakal nemuin para penjual gantungan kunci yang berjejer rapi disana.

Harganya beragam, mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal. Pastinya tergantung kualitas dan bentuk gantungannya ya!

4. Blangkon

oleh-oleh-barang-khas-jogja
(Omah Blangkon dan Batik/google maps/Win Najja)

Gak lengkap rasanya kalo liburan ke Jogja tanpa bawa pulang satu blangkon, kan? Nah, blangkon ini bener-bener jadi salah satu icon khas Jogja yang bikin penampilan lelaki makin keren dan gagah. Bisa dipake buat acara resmi atau casual, blangkon punya daya tariknya sendiri.

Buat yang baru pertama kali nyobain, mungkin agak aneh pas awal-awal. Tapi percayalah, begitu kamu mulai nyaman pakainya, blangkon bakal jadi bagian penting dari gayamu. Ada berbagai macam desain dan warna yang bisa kamu pilih sesuai selera. Mulai dari yang klasik, yang motifnya tradisional, sampe yang lebih modern dengan sentuhan warna cerah.

Oh iya, jangan lupa untuk tanya-tanya dulu ke para penjualnya. Mereka biasanya punya cerita unik tentang blangkon yang dijualnya. Siapa tahu kamu bisa dapet insight menarik seputar sejarah atau cara pembuatannya.

5. Surjan

Surjan jogja
(Toko Sakina Baju Adat Jawa Surjan Lurik & Blangkon/google maps/Sakina Syafa Alya)

Di tengah derasnya arus modernitas, Jogja tetep stay cool, lho! Mereka terus ngerawat warisan budayanya dengan bangga. Coba deh, liat Surjan, baju khas Jawa yang masih hits sampai sekarang!

Surjan itu bukan cuma kain biasa, Sobat, tapi bener-bener karya seni yang kaya makna. Motif batiknya yang unik dan beragam nggambarkan kehidupan dan filosofi masyarakat Jawa.

Dan yang keren lagi, Surjan sekarang udah jadi item fashion yang kekinian, loh! Desainer muda lagi berlomba-lomba kreasikan Surjan dengan sentuhan modern. Jadinya, Surjan nggak ketinggalan zaman, tetep bisa bikin kamu tampil kece di segala suasana! Gimana? Udah cocok banget kan, kalau Surjan ini jadi oleh oleh barang khas jogja buat orang tersayang!

6. Gelang dan Kalung

Gelang dan Kalung
(Aksesoris Kalung Jogja/google maps/Gandi Gandhz)

Kamu pasti udah nggak asing dengan para penjual pengrajin gelang dan kalung yang sering ada di sekitar wisata di Jogja. Salah satu oleh oleh barang khas jogja yang paling sering diburu adalah aksesoris gelang dan kalung nih, Sobat!

Ngomongin aksesoris gelang dan kalung di Jogja, rasanya kayak lagi masuk ke dunia magis yang penuh dengan warna-warni. Di setiap toko, kamu bakal nemuin gelang dan kalung dengan desain yang unik dan kreatif. Ada yang tradisional dengan motif batik, ada juga yang modern dengan sentuhan warna-warni yang kekinian.

Gak cuma buat dijadiin pajangan, tapi gelang dan kalung dari Jogja juga bisa jadi simbol keberuntungan, lho! Banyak yang percaya kalau pakai aksesoris dari Jogja bisa bawa hoki dan rejeki yang melimpah. Jadi, pasti siapapun bakal seneng kalau dikasih oleh-oleh gelang dan kalung khas Jogja ini!

7. Gerabah

gerabah jogja
(Pesona Desa Wisata Gerabah Kasongan Yogyakarta/google maps/james)

Sobat Podjok Jogja, kalian tahu nggak sih, Jogja itu kaya banget sama budayanya? Salah satunya tuh seni gerabah yang udah jadi warisan turun-temurun dari nenek moyang kita.

Mulai dari vas bunga cantik, patung-patung unik, sampe peralatan rumah tangga yang bikin rumah jadi makin kece, semuanya dibuat dengan tangan-tangan ahli para pengrajin Jogja. Setiap karya gerabah punya makna dan filosofi tersendiri yang diwariskan dari nenek moyang kita.

Jadi kalo beli gerabah Jogja, bukan cuma buat nambah koleksi dekorasi rumah, tapi juga buat ikutan melestarikan budaya dan tradisi yang udah jadi bagian dari identitas Jogja. Selain itu, kerajinan gerabah juga bisa dijadiin oleh oleh barang khas jogja yang nggak akan ditolak!

8. Kerajinan Kulit

kerajinan kulit
(Leather shoes Brown Derby @faizalleather/google maps/kerajinan kulit sapi Yogyakarta)

Di balik hiruk pikuk Jogja, tersimpan pesona seni dan tradisi yang terukir indah dalam setiap guratan ukiran kulit. Jogja ini terkenal dengan kerajinan kulitnya yang tak hanya memanjakan mata, tapi juga sarat makna dan nilai budaya.

Para pengrajin terampil, dengan tangan-tangan terampilnya, mengubah potongan kulit menjadi karya seni yang memukau. Dari tas, sepatu, dompet, hingga aksesoris, setiap produk kulit Jogja memancarkan aura unik dan istimewa. Selain dijadiin oleh-oleh khas jogja yang keren, kamu juga sambil ikut andil dalam pelestarian budaya, lho!

9. Kaos Dagadu

Kaos Dagadu
(Yogyatourium Dagadu Djokdja/google maps/Halfish Channel)

Sobat Podjok Jogja, udah tau belum nih tentang Kaos Dagadu Jogja? Buat kamu yang belum tau, Kaos Dagadu Jogja adalah toko kaos ternama di Yogyakarta yang terkenal dengan desainnya yang unik, kreatif, dan penuh makna.

Lebih dari sekadar kaos biasa, Kaos Dagadu Jogja menawarkan berbagai desain yang mengangkat budaya dan tradisi Jawa, serta isu-isu sosial dan lingkungan. Setiap kaosnya memiliki cerita dan makna tersendiri, sehingga menjadikannya lebih dari sekadar pakaian biasa.

Dan buat kamu yang ingin membawa pulang oleh-oleh khas Jogja yang unik dan berkesan, Kaos Dagadu Jogja adalah pilihan yang tepat!

 

Nah, itu dia, Sobat Podjok Jogja! Udah pada tau kan betapa keren dan beragamnya oleh oleh barang khas Jogja yang bisa kamu bawa pulang dari liburanmu? Dari batik sampe kaos Dagadu Jogja punya segudang pesona yang nggak bakal bikin kamu nyesel.

Jadi, kalo lagi jalan-jalan ke Jogja, jangan lupa mampir ke para penjual oleh-olehnya ya, biar liburanmu makin berkesan dan bawa pulang kenangan yang nggak terlupakan! Semangat terus, Sobat Podjok Jogja!

 

Baca Juga: 

Toko Oleh Oleh Jogja Terlengkap!

Oleh Oleh Jogja Kekinian: Koleksi Sepotong Kebahagiaan

Toko Oleh Oleh Jogja Terlengkap!


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *