kampus-swasta-terbaik-di-jogja

Kampus Swasta Terbaik di Jogja, Fakultasnya Keren-Keren!

Sobat Podjok Jogja! Siap-siap buat merasakan kesejukan literasi dengan bincang-bincang tentang kampus swasta terbaik di Jogja. Dari ujung kawasan pelajar hingga simpang-siur kehidupan perkuliahan, kita akan melongok ke dalam dunia yang berdebar-debar ini. Siapa bilang mencari kampus swasta terbaik di jogja itu ribet? Nah, simak aja terus yuk!

Jogja memang dikenal sebagai kota budaya yang sarat akan sejarah dan tradisi, tapi jangan salah sangka, Sobat! Di balik gemerlap keraton dan hiruk-pikuk Malioboro, kampus-kampus swasta di sini juga punya magnet tersendiri. Dari segi fasilitas hingga kualitas pendidikan, siapa yang bisa menandingi pesona kampus-kampus ini? Ayo, kita kupas satu per satu!

 

1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

kampus-swasta-terbaik-di-jogja
(Universitas Muhammadiyah Yogyakarta/google maps/Singgih Widjajanto)

Buat kamu yang lagi ngerencanain untuk nyari kampus swasta terbaik di Jogja, nih, aku mau kasih tau tentang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Jadi, UMY ini kayak magnet buat calon mahasiswa yang pengen nabung ilmu di lingkungan yang asik dan berkualitas.

Dengan akreditasi A-nya yang keren abis, UMY punya segudang jurusan menarik yang bisa kamu eksplor, mulai dari kedokteran, keperawatan, sampai ke ilmu sosial dan politik yang selalu bikin kepala tegang. Di sini, kamu bisa belajar tentang hubungan internasional, komunikasi, atau bahkan memilih jurusan teknik yang menantang.

Dan buat kamu yang punya hati biru Islam, ada juga fakultas agama Islam yang cocok buat mengeksplorasi spiritualitas dan intelektualitas sekaligus. Oh ya, nggak ketinggalan, UMY juga punya fakultas ekonomi dan bisnis yang siap nyiapin kamu jadi entrepreneur masa depan. Jadi, kalo mau ngerasain kuliah seru sambil belajar yang serius, cuss deh, ke UMY!

2. Universitas Ahmad Dahlan

kampus-swasta-terbaik-di-jogja
(Universitas Ahmad Dahlan — Kampus 1/google maps/Karaoke Asyik Banget)

Hai Sobat Podjok Jogja! Nggak bisa dipungkiri, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) tuh emang jadi salah satu kampus swasta terbaik di Jogja nih! Didirikan dari basis IKIP Muhammadiyah Yogyakarta pada tahun 1960, UAD tumbuh jadi universitas yang nggak kalah ciamik. Dengan sejumlah fakultas dan jurusan keren, UAD punya segudang pilihan buat calon mahasiswa yang mau menggali minat dan bakatnya.

Mulai dari sastra Arab hingga ilmu teknik, UAD beneran punya semuanya, Sobat! UAD juga punya keunggulan dalam menyediakan pendidikan berkualitas baik di bidang sains maupun sosial humaniora. Dari Fakultas Farmasi sampe Fakultas Hukum, setiap jurusan di UAD dilengkapi dengan kurikulum yang up to date dan tenaga pengajar yang berpengalaman.

Jadi, nggak heran kalo UAD selalu jadi pilihan utama buat yang pengen mengejar cita-cita di kampus yang nyaman dan berkualitas di kota pelajar ini. Yuk, jadi bagian dari keluarga besar UAD dan rasakan pengalaman kuliah yang nggak bakal terlupakan!

3. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

kampus-swasta-terbaik-di-jogja
(Universitas Atma Jaya Kampus II Thomas Aquinas/google maps/Ernawati)

Nah, Sobat Podjok Jogja, jadi ceritanya Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) itu punya sejarah yang keren banget, loh! Didirikan pada 27 September 1965 sebagai cabang dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, UAJY akhirnya mengambil langkah mandiri pada 1973. Prosesnya dipelopori oleh lima tokoh Katolik yang gigih banget, Sobat.

Mulai dari Fakultas Teknobiologi sampai Program Pascasarjana dengan berbagai pilihan spesialisasi. Dari sini udah kelihatan banget kalau UAJY bener-bener nggak main-main dalam memberikan pendidikan yang berkualitas, nih!

Lokasinya yang strategis di Jalan Babarsari, Sleman, bikin aksesnya mudah banget dari mana saja. Plus, jangan lewatkan juga keindahan kampusnya yang bisa bikin kamu betah berlama-lama di sana. Gak heran kalau mahasiswanya betah banget belajar di sini, kan? Dan dengan fakultas-fakultasnya yang lengkap serta program pascasarjana yang menjanjikan, UAJY bisa jadi pilihan tepat buat Sobat yang pengen meraih masa depan gemilang di dunia pendidikan!

4. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

kampus-swasta-terbaik-di-jogja
(Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST)/google maps/Event Gempar)

Kampus swasta terbaik di jogja ini bukan kampus sembarangan, lho. Dibangun tahun 1955, jadi udah punya sejarah panjang sebagai bagian dari Perguruan Tamansiswa yang digawangi langsung oleh Ki Hadjar Dewantara, sosok legendaris pendidikan di Indonesia. Jadi, bisa dipastikan, tradisi pendidikan di sini tuh udah nggak diragukan lagi.

Di UST, mereka nggak main-main dalam menyiapkan generasi penerus, Sobat. Ada beragam fakultas dan jurusan yang bikin pilihanmu makin luas. Mulai dari Fakultas Ekonomi yang punya program studi Akuntansi dan Manajemen, sampai Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang menawarkan jurusan dari Pendidikan Bahasa Inggris sampe Pendidikan IPA.

Nggak cuma itu, konsep Catur Dharma Perguruan Tinggi yang mereka usung juga mengajarkan nilai-nilai kemandirian, kemerdekaan, dan kebangsaan, bikin suasana belajar jadi nggak cuma soal teori doang, tapi juga membangun karakter, Sobat!

5. Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Universitas Mercu Buana Yogyakarta
(Universitas Mercu Buana Yogyakarta/gppgle maps/Agus PD)

Kampus swasta terbaik di jogja ini dulu namanya Universitas Wangsa Manggala, lho. Berdiri kokoh sejak tahun 1984 sebagai Institut Pertanian Wangsa Manggala, terus naik kelas jadi universitas pada 1986. Nah, sekarang, meskipun udah ganti nama jadi Mercu Buana, gak kehilangan ciri khasnya.

Ada banyak fakultas dan jurusan keren yang bisa Sobat pilih. Mulai dari Fakultas Agroindustri yang punya program Agroteknologi dan Teknologi Pangan, sampe Fakultas Psikologi yang ngasih pilihan Magister dan Profesi Psikologi. Mereka juga punya Fakultas Keguruan dengan jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan Matematika yang pastinya menarik, serta Fakultas Ilmu Komunikasi yang bisa bikin Sobat jago berkomunikasi!

Eits, gak cuma itu Sobat, Universitas Mercu Buana Yogyakarta juga punya akreditasi B yang menunjukkan kualitasnya yang oke banget. Jadi, gak usah ragu deh buat pilih kampus ini. Terus, lokasinya juga oke banget, di Jalan Raya Wates, Bantul, Yogyakarta, jadi pastinya gampang buat akses kemana-mana.

6. Universitas AMIKOM Yogyakarta

Universitas AMIKOM Yogyakarta
(Universitas Amikom Yogyakarta/google maps/ikhbale)

Dari D3 hingga tingkat S2, di Universitas AMIKON Yogyakarta ini menawarkan beragam program studi seperti Manajemen Informatika, Teknik Informatika, dan Sistem Informasi yang siap melatih mahasiswa menjadi ahli di bidang IT.

Selain itu, bagi Sobat yang lebih tertarik pada ranah sosial dan ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Sosial menawarkan program studi yang menarik seperti Ilmu Komunikasi, Ekonomi, dan Kewirausahaan, membuka pintu bagi mereka yang ingin menggali potensi dalam dunia bisnis dan komunikasi.

Sementara itu, Fakultas Sains dan Teknologi di AMIKOM Yogyakarta menawarkan peluang bagi Sobat yang tertarik dalam dunia arsitektur dan perencanaan kota. Dengan program studi seperti Arsitektur dan Perencanaan Wilayah dan Kota, universitas ini membuka ruang bagi para mahasiswa untuk menggali kreativitas mereka dalam merancang lingkungan yang berkelanjutan dan estetis. Pantes aja jadi salah satu kampus swasta terbaik di jogja!

7. Universitas Alma Ata

Universitas Alma Ata
(Universitas Alma Ata Yogyakarta/google maps/Bang Yobenk)

Sobat Podjok Jogja, siapa yang tak kenal dengan keberadaan Universitas Alma Ata (UAA) di tengah gemerlapnya kota pelajar ini? Didirikan pada tahun 2006 oleh Yayasan Alma Ata, UAA telah menjadi simbol keunggulan dalam pendidikan tinggi swasta di Yogyakarta.

Dengan beragam fakultas dan jurusan yang ditawarkan, seperti kesehatan, komputer, pendidikan, dan ekonomi bisnis, UAA mempersembahkan pilihan terbaik bagi para calon mahasiswa yang ingin mengembangkan potensi mereka dalam berbagai bidang. Terletak di Bantul, Yogyakarta, UAA bukan hanya menawarkan pendidikan berkualitas, tetapi juga menjanjikan pengalaman belajar yang berkesan dan menyenangkan bagi setiap mahasiswa.

Bertempat di kota istimewa ini, Universitas Alma Ata (UAA) tak henti-hentinya memperluas cakupan layanan pendidikannya. Dengan keberagaman program studi mulai dari ilmu kesehatan, teknologi komputer, hingga ekonomi bisnis, UAA menunjukkan komitmennya dalam mencetak generasi penerus yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Tak heran jika kampus ini menjadi salah satu pilihan utama bagi para pencari ilmu di Jogja.

8. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia
(Universitas Islam Indonesia/google maps/Eko Susanto)

Sobat Podjok Jogja, Universitas Islam Indonesia (UII) bukan hanya sekadar nama besar dalam dunia pendidikan, tapi juga menjadi salah satu pilihan utama bagi para calon mahasiswa yang ingin mengejar karier di berbagai bidang.

Dengan sejarah panjangnya sejak didirikan pada 1945, UII telah berkembang menjadi pusat pendidikan yang mengakomodasi beragam disiplin ilmu, mulai dari bisnis, hukum, teknik, hingga kedokteran. Tak hanya itu, kampus yang berlokasi di Jalan Kaliurang ini juga menjadi rumah bagi program-program internasional yang memperkaya pengalaman belajar mahasiswanya.

Tidak heran jika pada tahun 2021, UII berhasil meraih peringkat ke-34 sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia menurut Webometrics. Dengan berbagai fakultas dan jurusan yang menarik, UII terus menjaga reputasinya sebagai salah satu kampus swasta terbaik di Jogja yang layak dipertimbangkan bagi para pencari ilmu.

 

Nah, itu dia Sobat! Beberapa kampus swasta terbaik di jogja yang bakal seru banget buat di jelajahi, dan bisa jadi pilihan terbaik buat kamu yang lagi bingung milih kampus swasta di Jogja!

Meski Jogja terkenal dengan keindahan alamnya dan keramahtamahan warganya, tapi jangan lupa, kampus-kampus di sini juga punya daya tariknya sendiri. Mulai dari fakultas yang mengagumkan hingga suasana belajar yang mendidik, Jogja memang tak pernah kehabisan kejutan! Yuk, jangan ragu lagi buat menjelajahi dan menemukan kampus impianmu di bumi Jogja yang penuh warna ini!

 

Baca Juga:

Tempat Nugas di Jogja Nyaman dan Penuh Inspirasi

Soto Terenak di Jogja dengan Cita Rasa Khas!

Tempat Nongkrong di Jogja Murah Tapi Aesthetic!