Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

Kampus Negeri di Jogja, Deretan Kampus Impian!

Hai Sobat Podjok Jogja! Siapa di sini yang nggak kenal dengan pesona Jogja? Kota yang dipenuhi senyum ramah, kulinernya yang bikin lidah bergoyang, dan tentunya, ada kampus kampus negeri di jogja yang nggak cuma jadi tempat belajar, tapi juga sarang inspirasi bagi para mahasiswa.

Iya, bener banget! Jogja enggak hanya menawarkan wisata budaya, tapi juga gemerlapnya kampus-kampus yang bikin hati muda berdegup kencang. Siapa sih yang bisa menolak pesona kota ini? Nah, ngomongin soal kampus negeri di Jogja, Sobat Podjok Jogja pasti penasaran dong dengan segala keunikan dan keasyikannya.

Dan buat kamu yang pengin kuliah di Jogja tapi masih bingung milih kampusnya, nih aku kasih informasi singkat beberapa kampus negeri di jogja yang harus banget kamu pertimbangin. Penasaran kan? Yuk simak pembahasannya sampai akhir!

 

1. Universitas Gadjah Mada

kampus-negeri-di-jogja
(Universitas Gadjah Mada/google maps/Stephanie Zhang)

Sobat Podjok Jogja, ngaku deh, siapa disini yang nggak tau Universitas Gadjah Mada? Itu lho! Universitas terbaik di Jogja! Universitas Gadjah Mada atau biasa disingkat UGM ini adalah simbol keunggulan pendidikan di Jogja yang tak pernah pudar. Dengan peringkat 12 di Asian University Rankings dan peringkat 263 QS World University Rankings pada tahun 2024, UGM memperkuat reputasinya sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia.

Didirikan sebagai gabungan berbagai institusi pendidikan pada masa lalu, nama UGM sendiri mencerminkan semangat persatuan ala Mahapatih Gadjah Mada, yang kini menjadi inspirasi bagi ribuan mahasiswa yang berjuang di lingkungan kampus yang megah ini.

UGM menawarkan lebih dari 270 program studi dari 18 fakultas dan 2 sekolah, mencakup beragam bidang ilmu mulai dari kedokteran, teknik, hingga ilmu sosial. Tidak hanya itu, UGM juga menjaga inklusivitas dengan memberlakukan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang mengakomodasi berbagai kondisi ekonomi mahasiswanya. Dengan biaya yang bervariasi, mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 14.000.000, UGM membuka pintu bagi siapa pun yang ingin mengejar impian pendidikan tinggi di kampus terbaik di Jogja ini.

2. Universitas Negeri Yogyakarta

kampus-negeri-di-jogja
(Universitas Negeri Yogyakarta/google maps/Nur Izzi Sibiani)

Salah satu kampus negeri di jogja yang nggak boleh kamu lewatih gitu aja! Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah destinasi ideal bagi mereka yang memimpikan karier dalam bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan. Dulu dikenal sebagai IKIP Yogyakarta, kampus ini telah mengukir jejaknya sejak Mei 1964, fokus pada pendidikan keguruan dan ilmu pendidikan.

Seiring waktu, UNY berkembang menjadi institusi yang menaungi tujuh fakultas dengan beragam program pendidikan, dari S1 hingga S3, mulai dari Ilmu Pendidikan hingga Ilmu Keolahragaan. Dengan akreditasi A dari BAN-PT dan peringkat 201-250 dalam QS WUR Ranking 2022, UNY terus mengukir prestasi dalam dunia pendidikan.

Biaya kuliah di UNY pun terjangkau, mulai dari UKT terendah sebesar Rp 500.000 hingga Rp 6.350.000, UNY membuka pintu bagi semua orang untuk mengejar impian pendidikan tinggi tanpa hambatan finansial yang berat. Jalur mandiri pun tidak ketinggalan, dengan UKT kelompok 3 sebagai pilihan minimal dan biaya pengembangan akademik yang bersahabat, UNY memastikan kesempatan pendidikan berkualitas tetap terbuka luas untuk semua!

3. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

kampus-negeri-di-jogja
(Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta/google maps/Yanuaru)

Kampus negeri di jogja ini memancarkan semangat perjuangan para pejuang kemerdekaan Indonesia sejak didirikan pada tahun 1958 dengan nama Akademi Pembangunan Nasional (APN). Melalui perjalanan yang berliku, kampus ini telah berkembang menjadi salah satu universitas negeri yang berpengaruh di Jogja, diperkuat dengan peresmian oleh Dr. Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2014.

Terletak di tengah gemerlapnya Yogyakarta, UPN menawarkan beragam program studi unggulan dari bidang teknik hingga sosial dan ekonomi, seperti Teknik Geologi, Manajemen, dan Ilmu Hubungan Internasional, yang menarik minat calon mahasiswa dari berbagai belahan tanah air.

Tak hanya itu, UPN juga menawarkan beragam opsi biaya kuliah yang mengakomodasi kebutuhan finansial mahasiswanya melalui sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan sumbangan pengembangan institusi (SPI). Dengan delapan golongan UKT yang menjangkau semua lapisan ekonomi, serta SPI yang disesuaikan dengan kemampuan, UPN memberikan akses pendidikan berkualitas tanpa membebani dompet.

4. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga

kampus-negeri-di-jogja
(UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta/google maps/Klidir Store)

Kalau bicara tentang sejarah pendidikan Islam di Indonesia, nggak boleh dilewatkan tanpa menyebut Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga! Sebagai kampus negeri tertua di tanah air, UIN Sunan Kalijaga telah menjadi pangkalan ilmu bagi ribuan mahasiswa sejak awal berdirinya sebagai Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Kalijaga.

Dengan transformasi menjadi UIN pada Oktober 2004, kampus ini terus menorehkan prestasi dengan 61 program studi yang mencakup beragam tingkatan, dari sarjana hingga doktor, serta program internasional. Berlokasi di Jogja yang sarat sejarah, UIN Sunan Kalijaga menjadi magnet bagi mereka yang ingin meniti karier dalam bidang keislaman dengan akreditasi A yang menjadi bukti kualitasnya.

Dan yang menarik, sistem biaya kuliah berbasis Uang Kuliah Tunggal (UKT) di UIN Sunan Kalijaga memperhatikan kondisi ekonomi mahasiswa. Mulai dari 400 ribu hingga 9 juta rupiah per semester, dengan pengecualian bagi mahasiswa jurusan Kedokteran yang memiliki UKT tertinggi mencapai 45 juta rupiah.

5. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta
(Institut Seni Indonesia Yogyakarta/google maps/nuraini lailia)

Buat kamu para pecinta seni yang ingin merajut mimpi dalam warna dan nada, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta adalah tempat yang tepat! Berdiri sejak tahun 1984, ISI Jogja menjadi perpaduan harmonis dari tiga lembaga pendidikan seni terkemuka di Indonesia. Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia, Akademi Musik Indonesia, dan Akademi Seni Tari Indonesia.

Dengan akreditasi A yang mengukuhkan kualitasnya, ISI Jogja tak hanya menjadi panggung bagi para seniman masa depan. Namun juga mengukir prestasi dengan masuk dalam peringkat 51-100 perguruan tinggi seni terbaik dunia versi QS World University Ranking.

Melalui tiga fakultas utamanya, ISI Jogja menawarkan ragam program studi yang menggali setiap aspek seni, mulai dari pertunjukan, rupa, hingga media rekam. Dari Tari hingga Fotografi, setiap jurusan menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk mengekspresikan diri dan meniti karier dalam industri seni yang dinamis. Dan yang menarik, dengan program biaya kuliah berbasis Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang bersahabat. ISI Jogja membuka peluang bagi semua orang untuk mengejar impian seninya tanpa batasan.

6. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
(Poltekkes Kemenkes Yogyakarta/google maps/hendy jogja)

Kamu pengin mengejar karier di bidang kesehatan? Poltekkes Kemenkes Yogyakarta (POLKESYO) menjadi kampus negeri di jogja yang wajib kamu pertimbangkan! Gabungan dari enam akademi kesehatan di Yogyakarta, POLKESYO menawarkan beragam program studi mulai dari Teknologi Laboratorium Medis hingga Kesehatan Gigi. Lengkap dengan akreditasi institusi B dari BAN-PT dan akreditasi program studi yang mengesankan.

Dengan fokus pada praktik langsung, mahasiswa di POLKESYO diberikan peluang untuk mengasah keterampilan mereka secara langsung di lapangan. Mempersiapkan mereka menjadi profesional kesehatan yang siap berkontribusi dalam masyarakat.

Berbeda dengan kampus lain, biaya kuliah di POLKESYO diatur berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan. Mereka memastikan bahwa setiap mahasiswa diberikan kesempatan yang sama tanpa memandang latar belakang ekonomi. Melalui sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT), mahasiswa tidak perlu lagi memikirkan uang pangkal dan praktiks. Sehingga fokus mereka bisa sepenuhnya tercurah pada proses belajar-mengajar yang berkualitas.

7. Sekolah Tinggi Multimedia Yogyakarta

Sekolah Tinggi Multimedia Yogyakarta
(Sekolah Tinggi Multi Media (MMTC) Yogyakarta/google maps/DONDI KADARSAN)

Eits, Sobat Podjok Jogja, bukan cuma kampus besar yang menarik di Jogja. Tapi juga ada nih, Sekolah Tinggi Multimedia Yogyakarta (MMTC) yang punya keunikan sendiri! Didirikan pada tahun 1985 oleh Presiden Soeharto. MMTC merupakan salah satu institusi pendidikan di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang fokus pada bidang multimedia.

MMTC membuka peluang bagi para mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas dan keahlian. Di dunia produksi siaran, animasi, teknologi permainan, dan manajemen informasi komunikasi.

Bukan cuma itu, Sobat Podjok Jogja, biaya kuliah di MMTC juga cukup terjangkau. Mahasiswa baru hanya perlu mengeluarkan sumbangan pengembangan akademik sebesar 9 juta rupiah. Di setiap semester, mahasiswa akan membayar SPP tetap, SPP variabel/SKS. Dan registrasi dengan total sekitar 4 juta rupiah, memastikan pengalaman pendidikan yang berkualitas tanpa membebani kantong!

8. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir

Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir
(Politeknik Teknologi Nuklir Indonesia/google maps/Diandono KY)

Kampus yang baru berdiri sejak 2018 ini, menyuguhkan pengalaman belajar yang unik di tengah gemerlapnya kota budaya ini. Bagi kamu yang penasaran tentang dunia nuklir, STTN bisa jadi pilihan yang tepat. Karena mereka punya program pendidikan dan pelatihan yang mencakup segala hal mulai dari dasar hingga aplikasi internasional. Dengan lokasi strategis di Jogja, belajar di STTN bukan hanya soal ilmu. Tapi juga tentang memperluas wawasan dalam bidang yang belum banyak terjamah.

Nggak cuma itu, Sobat, STTN juga udah punya akreditasi dari LAPAN untuk laboratorium olah hasil perkakasan mikro dan nuklir. Serta sistem akreditasi untuk laboratorium pengolahan limbah radioaktif dan nuklir. Dengan jurusan-jurusan menarik seperti Elektronika Instrumentasi, Elektro Mekanika, dan Teknokimia Nuklir, STTN. Mengajak Sobat untuk merambah dunia teknologi nuklir dengan biaya kuliah yang terjangkau. Mulai dari 6,3 juta hingga 6,4 juta rupiah per semester.

9. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional
(Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional/google maps/Dedi Nugroho)

Nah, Sobat Podjok Jogja, kalau bicara soal pendidikan kedinasan. Jangan sampai kelewat nih buat cek kampus negeri di jogja, Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta. Berdiri tegak sejak tahun 1963, STPN udah lama jadi tempat bernaungnya para calon ahli pertanahan.

Awalnya namanya Akademi Agraria dengan fokus pada jurusan Agraria, tapi seiring perubahan zaman. Kini STPN menawarkan program studi DI Pengukuran dan Pemetaan Kadastral (PPK), D4 Pertanahan. Dan bahkan Program Pendidikan Khusus PPAT yang keren banget.

Di samping itu, Sobat Podjok Jogja, biaya kuliah di STPN Yogyakarta juga terjangkau banget. Tiap semester, mahasiswa hanya perlu merogoh kocek sekitar 3 juta sampai 8 juta rupiah, tergantung prodi yang dipilih. Walaupun belum termasuk biaya swakelola Taruna, tapi tetap terasa ringan di kantong, kan?

10. Akademi Angkatan Udara

Akademi Angkatan Udara
(Akademi Angkatan Udara/google maps/Saktiwi Bw)

Pengen terbang tinggi dalam karier militer nggak? Kalau iya, nggak ada tempat yang lebih pas daripada Akademi Angkatan Udara (AAU) di Jogja. Berdiri sejak 1945 di Maguwo, Yogyakarta, AAU menawarkan program pendidikan selama 4 tahun yang nggak cuma membangun skill teknis. Tapi juga karakter dan disiplin.

Tahap pertama berlangsung di Resimen Chandradimuka Magelang selama satu tahun, sebelum melanjutkan pendidikan di kampus utama AAU Yogyakarta. Di AAU Yogyakarta, Sobat bisa menjelajahi bidang-bidang seperti Teknik Aeronautika Pertahanan, Elektronika Pertahanan, dan Manajemen Industri Pertahanan.

Yang lebih asik lagi, semua biaya kuliah ditanggung oleh pemerintah karena AAU merupakan sekolah ikatan dinas. Jadi, nggak perlu risau soal duit saat meraih mimpi terbang tinggi bersama AAU di Jogja!

 

Nah, Sobat Podjok Jogja, gimana? Seru banget kan eksplorasi soal kampus negeri di Jogja? Kehangatan, keasyikan belajar, dan semua momen seru yang bisa Sobat temui di sini. Jadi bukti kalau Jogja nggak cuma tentang wisata. Tapi juga soal pengalaman berharga dalam mengejar mimpi. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan sendiri atmosfer kehidupan kampus yang bikin hati kamu berbunga-bunga! Dan jadikan kampus negeri di jogja sebagai kampus impian kamu!

 

Baca Juga:

Tempat Nugas di Jogja Nyaman dan Penuh Inspirasi

Kampus Swasta Terbaik di Jogja, Fakultasnya Keren-Keren!

Tempat Nongkrong di Jogja Murah Tapi Aesthetic!