gudeg-terenak-di-jogja

Gudeg Terenak di Jogja, Selalu Ramai Pengunjung!

Punya julukan sebagai Kota Gudeg pastinya Jogja punya segudang warung gudeg yang rasanya nggak perlu diragukan lagi. Kayaknya hampir di setiap sudut Jogja, kamu pasti akan ketemu dengan warung yang menjual gudeg. Tapi ada lho, gudeg terenak di jogja yang nggak pernah sepi pengunjung!

Nah, kali ini kita bahas yuk, dimana aja gudeg terenak di jogja yang wajib banget kamu kunjungi. Siapin alat tulis ya, dan masukin nama tempatnya ke list kuliner kamu!

1. Gudeg Yu Djum

gudeg-terenak-di-jogja
(Gudeg Yu Djum/google maps/Frans Hermanto)

Sobat Podjok Jogja, nggak bisa dipungkiri kalau gudeg memang jadi salah satu makanan legendaris di Jogja yang wajib dicoba. Salah satu tempat yang nggak boleh dilewatkan adalah Warung Gudeg Yu Djum. Ada dua cabang yang terkenal banget di kota ini, Sobat.

Pertama, ada Gudeg Yu Djum Pusat di Wates yang terkenal dengan suasana dapur dan restorannya yang asyik. Kamu bisa langsung melihat proses pembuatan gudeg sambil menikmati suasana yang nyaman. Kedua, ada Warung Gudeg Yu Djum Wijilan 167, yang lokasinya ada di pusat gudeg Jogja, di Jalan Wijilan. Di sini, kamu bisa merasakan suasana tradisional Jogja yang kental sambil menikmati gudeg yang lezat.

Kedua warung ini terkenal dengan gudegnya yang bener-bener bikin lidah meleleh. Gudegnya dimasak dengan resep turun-temurun dari Yu Djum, menggunakan bahan-bahan yang segar dan proses tradisional dengan memakai kayu bakar. Jadi untuk berkunjung ke gudeg terenak di jogja ini jangan sampai kamu lewatkan ya!

2. Gudeg Mercon Bu Tinah

gudeg-terenak-di-jogja
(Gudeg Mercon Bu Tinah/google maps/Mario L)

Sobat Podjok Jogja, nggak ada yang bisa ngelewatin sensasi pedas dari Gudeg Mercon Bu Tinah di kota ini! Warung legendaris ini punya ciri khasnya sendiri, dengan gudegnya yang pedasnya nendang banget. Lokasinya di Jalan Asem Gede No.8, Jetis, Yogyakarta, dan buka setiap malam mulai jam 9 malam sampai jam 1 pagi. Suasana di sini sederhana tapi nyaman, cocok banget buat santap gudeg bareng teman atau keluarga.

Menu andalan di sini tentu aja gudeg merconnya yang terkenal itu. Tapi nggak cuma itu aja, ada juga pilihan lauk pauk lain seperti telur, ayam goreng, dan ceker. Nah, bagi yang suka tantangan pedas, sambal krecek super pedas di sini bakal bikin kamu ketagihan! Jadi, siap-siaplah merasakan sensasi pedas yang bikin nagih dari Gudeg Mercon Bu Tinah, Sobat!

3. Gudeg Pawon

gudeg-terenak-di-jogja
(Gudeg Pawon/google maps)

Ada juga nih gudeg terenak di jogja yang ada di area Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Di sini, kamu bakal merasakan sensasi gudeg yang dimasak dengan tradisional di atas tungku kayu bakar, lengkap dengan suasana sederhana yang nyaman dan harga yang terjangkau. Mau ngerasain pengalaman kuliner malam yang nggak biasa? Datang ke Gudeg Pawon, pasti puas!

Gudeg di sini emang jadi menu andalan yang wajib dicoba, dengan cita rasa manis yang pas dan tekstur lembutnya. Selain itu, jangan lupa juga mencicipi berbagai lauk pauk lainnya seperti ayam opor, telur pindang, dan sambal krecek.

4. Gudeg Mbok Lindu

gudeg-terenak-di-jogja
(Gudeg Mbok Lindu/google maps/Izzul Kiram Suardi)

Warung yang sudah berdiri sejak tahun 1940 ini emang jadi salah satu ikon kuliner Yogyakarta yang wajib dicoba. Gudegnya terkenal banget dengan rasa khasnya yang manis, gurih, dan sedikit pedas, plus proses memasaknya yang masih menggunakan tungku kayu bakar.

Uniknya lagi, porsinya juga berlimpah dan harganya masih terjangkau, jadi nggak heran kalau banyak yang jadi langganan! Warung yang berlokasi di Jalan Sosrowijayan No.41-43 ini selalu ramai, terutama pada akhir pekan, jadi lebih baik datang lebih awal.

5. Gudeg Ceker Mbok Joyo

Gudeg Ceker Mbok Joyo
(GUDEG CEKER MBOK JOYO/google maps/Sri Wahyuni Yunceyunce281)

Buat Sobat Podjok Jogja yang lagi pengen nyari kuliner unik, mampir deh ke Warung Gudeg Ceker Mbok Joyo di Jalan Tamanan No.265, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta! Warung legendaris ini punya ceker ayam yang empuk dan bumbu meresap, bikin nagih banget! Di sini, kamu bisa nikmatin porsi gudeg yang melimpah dengan harga yang ramah di kantong. Suasananya juga asik dan ramah, jadi cocok buat makan bareng keluarga atau teman.

Gudeg Ceker Mbok Joyo udah jadi warisan kuliner turun-temurun sejak 1960, lho! Rasanya yang konsisten dan sering diliput media membuatnya jadi legenda kuliner di Jogja. Jadwal bukanya juga pas banget, dari jam 15.00 sampai 00.00 WIB. Jadi, nggak ada alasan buat nggak nyobain gudeg ceker yang bikin ketagihan di sini!

6. Gudeg Bu Hj. Ahmad

Gudeg Bu Hj. Ahmad
(Gudeg Bu Hj. Amad/google maps/Yohanes Wisnu Siregar)

Warung gudeg ini udah berdiri sejak 1950-an dan terkenal banget dengan gudeg keringnya yang tahan lama, dijuluki jadi gudeg terenak di jogja juga lho! Selain itu, ada juga berbagai pilihan menu gudeg lainnya, lengkap dengan lauk pendamping yang bikin ketagihan. Suasana warungnya pun sederhana dan nyaman, jadi pas banget buat makan bareng keluarga atau teman.

Gudeg Bu Hj. Ahmad emang udah jadi legenda kuliner di Jogja. Cita rasanya yang khas, porsinya yang melimpah, dan harganya yang terjangkau, bikin semua orang jadi suka. Jadi, nggak heran kalo warung ini punya banyak cabang di berbagai daerah di Jogja.

7. Gudeg Song Djie 01 Bu Atmo

Gudeg Song Djie 01 Bu Atmo
(Gudeg Song Djie 01 Bu Atmo/google maps)

Warung Gudeg Song Djie 01 Bu Atmo memang selalu ramai dikunjungi pecinta kuliner, Sobat Podjok Jogja. Salah satu yang bikin warung ini spesial adalah gudegnya yang memiliki rasa khas dan lezat, dengan resep warisan keluarga yang dijaga turun-temurun.

Proses memasaknya pun tradisional, menggunakan tungku kayu bakar, menghasilkan gudeg yang empuk, beraroma, dan kaya rasa. Selain itu, warung ini juga menawarkan beragam pilihan lauk pauk yang menggugah selera, mulai dari ayam opor, telur pindang, hingga sambal krecek dan tempe bacem.

8. Gudeg Kangen Mbah Manto Gejayan

Gudeg Kangen Mbah Manto Gejayan
(Gudeg Kangen Mbah Manto Gejayan/google maps)

Sobat Podjok Jogja, kalau kamu lagi kangen sama gudeg yang mantap, langsung aja mampir ke Gudeg Kangen Mbah Manto Gejayan di Jalan Affandi No.15, Gejayan. Warung kaki lima ini selalu rame karena gudegnya yang khas dengan cita rasa manis gurih dan tekstur lembut.

Meski harganya terjangkau, porsi gudegnya cukup berlimpah, cocok buat kamu yang mau makan puas tanpa bikin kantong bolong. Suasana warungnya sederhana tapi nyaman, plus pelayanannya yang ramah bikin pengalaman makan kamu makin menyenangkan. Menu andalan di sini gak cuma gudeg krecek, tapi juga gudeg telur, gudeg dada, dan nasi gudangan yang lezat.

9. Gudeg Mbah Tjokro

Gudeg Mbah Tjokro
(Gudeg Mbah Tjokro/google maps/yurista sulis)

Selanjutnya gudeg terenak di jogja yang wajib kamu kunjungi adalah Gudeg Mbah Tjokro! Lokasinya di Jalan Pangeran Diponegoro No.77, Gowongan, Jetis, Kota Yogyakarta, dan buka setiap hari mulai dari jam 07.00 WIB sampai 23.00 WIB. Gudeg di sini bener-bener khas dengan cita rasa yang gurih, manis, dan legit, karena dimasak tradisional pake tungku kayu bakar.

Tempatnya juga asyik banget, dengan suasana yang tradisional dan nyaman. Nah, selain gudeg, mereka juga punya menu andalan kayak nasi goreng gudeg sama lontong sayur yang gak kalah enaknya.

10. Gudeg Basah Mbok Mandeg

Gudeg Basah Mbok Mandeg
(Gudeg Basah Mbok Mandeg/google maps/Ang Leonard Anthony)

Ada gudeg kering, pasti juga ada gudeg basah. Dan untuk gudeg basah terenak di jogja adalah Gudeg Basah Mbok Mandeg! Lokasinya di Jalan Parangtritis KM 2,5, Mantrijeron, Yogyakarta, gampang banget dijangkau dan punya tempat parkir luas.

Gudegnya beda dari yang lain, teksturnya lebih basah dan lembut, bumbunya meresap banget ke nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah pilihan. Di sini kamu bisa pilih berbagai lauk pauk yang enak, mulai dari ayam kampung, telur pindang, tempe bacem, sambal krecek, sampe sambal goreng krecek. Penyajiannya beragam dan menarik banget, sesuai selera kamu.

 

Nah itu dia Sobat Podjok Jogja, beberapa rekomendasi gudeg terenak di jogja yang nggak boleh kamu lewatin! Dari gudeg kering hingga gudeg basah, Jogja punya segudang pilihan yang pasti bikin lidah bergoyang. Jadi, siapkan perutmu dan sambutlah setiap suapan dengan kegembiraan. Dan selamat mencicipi gudeg-gudeg terenak di jogja!

 

Baca Juga: 

Toko Oleh Oleh Jogja Terlengkap!

Wisata Kuliner di Jogja, Kekinian sampai Legendaris!

Oleh Oleh Jogja Kekinian: Koleksi Sepotong Kebahagiaan