Candi Barong

Candi yang Ada di Jogja, Penuh Sejarah dan Keindahan

Tak bisa dipungkiri, Jogja memang surganya bagi para pencinta sejarah dan keindahan arsitektur purbakala. Nah, Sobat Podjok Jogja, kali ini kita akan mengupas beberapa destinasi keren yang bikin kamu makin cinta sama kota ini. Dengan beragam candi yang ada di jogja, yang bukan cuma wisata kekinian, tapi juga menyimpan sejarah yang mengagumkan.

Jogja bukan hanya sekadar kota, tapi juga sebuah keajaiban yang terpendam dalam setiap jejak sejarahnya. Persiapkan hatimu, karena kita akan meluncur ke dunia candi yang membawa kedamaian dan keindahan luar biasa. Jadi, yuk simak pembahasan artikel kali ini, sampai akhir ya!

1. Candi Prambanan

candi-yang-ada-di-jogja
(Candi Prambanan/google maps/Sudirman krisna Laundryexpres)

Siapa sih, yang nggak tau Candi Prambanan? Salah satu candi yang ada di jogja, Candi Prambanan itu kayak selebriti zaman purbakala yang nggak pernah ketinggalan jadi pusat perhatian. Dibangun sekitar abad ke-9 oleh para raja Mataram.

Candi Prambanan punya bentuk yang keren banget, Sobat! Dia tuh kayak gedung yang menjulang tinggi ke atas, dan di situ gambarnya cerita-cerita tentang kepercayaan agama Hindu. Nah, nggak cuma tiga candi utama, Sobat, tapi di sekitarnya ada dua candi apit, empat candi kelir, dan empat candi sudut.

Nah, Sobat, kompleks candi Prambanan tuh punya lokasi yang unik nih. Jadi, dia tuh kayak berada di dua tempat sekaligus! Secara keseluruhan, memang di Daerah Istimewa Yogyakarta, tapi pintu administrasinya malah ada di Jawa Tengah.

Jadi, kita bisa bilang Prambanan itu berada di Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, dan di Tlogo, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Lucu kan? Jadi, kalau lagi jalan-jalan ke sana, kamu bakal melintasi perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah. Seru banget, kan?

2. Candi Ratu Boko

candi-yang-ada-di-jogja
(Ratu Boko/google maps/Lukito H)

Wah, Candi Ratu Boko emang tempat yang punya magnet banget, Sobat! Di sana, gabungannya antara misteri dan sejarah bikin kita pengen banget mampir. Lokasinya tuh sekitar 3 km dari Candi Prambanan, jadi kalau lagi di Jogja, nggak ada salahnya mampir ke sini.

Dari keterangan sejarahnya, konon dulunya ini bukan candi, tapi kayak keraton atau istana raja, loh. Jadi, di sini kamu bisa lihat sisa-sisa dinding benteng dan struktur pertahanan lainnya. Nama “Ratu Boko” sendiri katanya berasal dari legenda lokal, yang ceritanya nyambung sama Loro Jonggrang, nama candi terkenal di kompleks Prambanan.

Intinya, Sobat, candi yang ada di jogja, Candi Ratu Boko ini nggak cuma tempat wisata biasa, tapi juga penuh cerita dan misteri yang bikin penasaran!

3. Candi Ijo

candi-yang-ada-di-jogja
(Candi Ijo/google maps/Erwin Oscar)

Ada di lereng Gunung Merapi, tempatnya keren banget buat nyantai sambil nikmatin pemandangan. Candi Ijo emang bikin hati adem, Sobat! Kabarnya, candi ini jadi tempat pemujaan dewa Hindu jaman dulu, lho.

Nah, yang bikin makin keren, di sini kamu bisa lihat pemandangan indah ke arah Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Kota Jogja. Oh ya, di samping candi utamanya, ada juga tempat-tempat unik lainnya yang bisa kamu kunjungi, kayak Gua Petruk, Sumur Upas, dan Kolam Air yang katanya punya kekuatan magis. Jadi, kalau lagi di Jogja, jangan lupa mampir ke Candi Ijo ya, Sobat!

4. Candi Kalasan

candi-yang-ada-di-jogja
(Candi Kalasan/google maps/Achmad Noer Cholis)

Kalau mau cek peninggalan sejarah Buddha tertua di Jogja, yuk mampir ke Candi Kalasan! Candi yang ada di jogja ini lokasinya di Desa Tirtomartani, deket banget dari Kota Jogja, jadi nggak bakal susah buat nyasar ke sana.

Candi ini punya cerita seru, lho, dibangun sekitar abad ke-8 sama Raja Rakai Panangkaran dari Dinasti Syailendra, khusus buat Dewi Tara, bodhisattva perempuan dalam agama Buddha Mahayana. Arsitekturnya simpel tapi keren, terbuat dari batu andesit dengan bentuk persegi panjang.

Dan jangan lupa, cek juga relief-reliefnya yang ngisahkan kehidupan Buddhis, pasti bikin tambah penasaran! Oh ya, kalau mau datang, lebih baik pagi atau sore biar nggak kepanasan, dan bawa air minum plus topi ya, cuacanya di Jogja bisa bikin terik banget!Top of Form

5. Candi Sewu

candi sewu
(Candi Sewu/google maps/Shekhar Raj)

Sobat, Candi Sewu, yang artinya “Candi Seribu”, punya daya tarik yang nggak kalah dari Candi Borobudur, lho! Tempatnya di Desa Bugisan, dekat Prambanan, jadi kalau lagi di Jogja, mampir ke sini nggak boleh dilewatkan. Didirikan sekitar abad ke-8 oleh Raja Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno, candi ini dulunya jadi pusat keagamaan Buddha yang penting, Sobat.

Nah, sekarang, di sini kita bisa lihat arsitektur keren dengan susunan candi utama yang dikelilingi candi-candi kecil. Ada juga relief-relief yang ceritain kisah-kisah Buddhis, bikin kita tambah paham sama sejarahnya.

Suasana di Candi Sewu juga bikin hati tenang dan damai, cocok banget buat jadi tempat wisata religi atau sekadar nikmatin keindahan budaya. Jadi, kalau mau liburan yang nggak cuma seru tapi juga edukatif, Candi Sewu bisa jadi pilihan yang oke banget!

6. Candi Barong

Candi Barong
(Candi Barong/google maps/Supri Supreet)

Berdiri kokoh di lereng Gunung Merapi, Candi Barong adalah salah satu destinasi yang sayang banget dilewatkan, Sobat. Meski nggak selepopuler Prambanan atau Borobudur, tapi pesonanya nggak kalah seru.

Candi ini konon didirikan pada abad ke-9 atau ke-10, jaman Kerajaan Mataram Kuno, dan dibangun buat dewa Siwa. Nah, kamu bisa nikmatin nggak cuma keindahan arsitekturnya, tapi juga pemandangan alam yang ciamik, dengan Gunung Merapi jadi backdrop-nya.

Plus, di sini kamu bisa belajar banyak tentang sejarah dan budaya Hindu di Indonesia, lho! Jadi, kalau lagi jalan-jalan ke Jogja, mampir ke candi yang ada di jogja ini ya, pasti seru!

7. Candi Banyunibo

Candi Banyunibo
(Candi Banyunibo/google maps/DWI MBAKO)

Tempatnya di Dusun Banyunibo, di lereng barat Gunung Merapi. Meski Candi Banyunibo ukurannya kecil, tapi pesonanya nggak main-main. Dibangun sekitar abad ke-9 atau ke-10, cerita dari prasasti yang ditemukan di situ nih.

Katanya, candi ini dibangun sama Raja Rakai Pikatan buat dewa Siwa. Jadi, kalau mau kesini, siap-siap ya, karena harus melewati sekitar 200 anak tangga. Tapi tenang, pemandangannya ke Gunung Merapi bisa jadi penghibur selama perjalanan.

Di dalam candi, kamu bisa lihat relief-relief yang cerita tentang Ramayana dan cerita-cerita Hindu lainnya, lho. Nah, kalau lagi di Jogja, jangan lupa mampir ke Candi Banyunibo, tempat yang asik buat belajar sejarah dan menikmati keindahan alam sekaligus!

8. Candi Gebang

Candi Gebang
(Candi Gebang/google maps/Halili Hasan)

Ada tempat keren lagi buat kamu jelajahi di Jogja, yaitu Candi Gebang! Lokasinya di Dusun Gebang, di tengah-tengah persawahan yang sejuk banget. Meski ukurannya kecil, tapi punya sejarah yang keren, lho!

Ditemukan tahun 1936, awalnya cuma nemu arca Ganesha aja, tapi berkat pemugaran, sekarang kita bisa lihat Candi Gebang dalam kondisi yang bagus. Di dalamnya, kamu bisa lihat arca Ganesha, Nandi, dan dua buah yoni, yang semuanya jadi saksi perkembangan arsitektur dan budaya Hindu di Jawa Tengah zaman dulu. Jadi, kalau lagi di Sleman, jangan lupa mampir ke Candi Gebang ya, Sobat!

9. Candi Sambisari

Candi Sambisari
(Candi Sambisari/google maps/Gilang Singgih)

Nah, candi yang ada di jogja terakhir di pembahasan kali ini adalah Candi Sambisari, Sobat. Candi yang bener-bener permata tersembunyi di lereng Gunung Merapi. Ini tempatnya di Desa Sambisari, Sleman, dan kabarnya candi ini baru kebuka lagi tahun 1967 setelah lama terkubur di bawah material vulkanik Gunung Merapi.

Dikira dibangun abad ke-8 atau ke-9, lho, zaman Kerajaan Mataram Kuno! Meski skala candinya lebih kecil dari Prambanan, tapi arsitekturnya tetap bikin kagum. Ada banyak relief yang ceritain kisah-kisah Hindu, kayak kisah Ramayana dan kisah Krishna. Jadi, kalau lagi di Jogja, mampir ke Candi Sambisari jadi salah satu destinasi wajib, ya!

 

Jadi, itu dia, Sobat Podjok Jogja, jangan lewatkan kesempatan buat menjelajahi keindahan dan sejarah yang tersimpan di setiap sudut candi yang ada di jogja. Dari yang besar sampai yang tersembunyi, setiap candi punya cerita dan pesona tersendiri yang pasti bikin kamu kagum. Ayo, jadikan petualanganmu di Jogja lebih berkesan dengan mengunjungi candi-candi keren ini!

 

Baca Juga:

Wisata Jogja Instagramable Dengan Beragam Spot!

Tempat Wisata di Jogja yang Lagi Hits dan Populer

Pantai Jogja yang Viral Membuat Dunia Terpesona

Umbul Cokro Klaten, Wisata Seru di Jateng!


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *